Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19

Alifia Nurul Fadhilah, Fajar Iqbal

Abstract


Penelitian ini mengkaji besaran pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Di masa pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan bagi para guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang rendah pada pembelajaran daring. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar menjadi seseorang yang memegang peranan penting dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi. Gaya komunikasi guru diduga kuat sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini motivasi belajar siswa akan diukur menggunakan referensi teori kemungkinan elaborasi yang dikembangkan oleh Richard Petty dan John Cacioppo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa menggunakan IBM Statictic versi 25. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa kelas delapan di MTs Negeri 4 Bantul yang belajar secara online. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Pertambahan motivasi belajar siswa ditentukan oleh gaya komunikasi guru saat melaksanakan kegiatan belajar secara daring saat pandemi covid-19.


Full Text:

PDF

References


Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Ciputra. (2016). Elaborasi dalam Berbagai Bidang. Retrieved from http://ciputrauceo.net/blog/2016/3/1/elaborasi-dalam-berbagai-bidang

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Grub CV Budi Utama.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. doi:10.23917/ppd.v7i1.10973

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Griffin, E. (2012). A First Look At Coomunication Theory Eighth Edition.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. BDK Jakarta Kemenag RI. Retrieved from https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid–19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. doi:10.32534/jike.v3i2.1017

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenana Media Group.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Theories Of Human Tenth Edition.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. doi:10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Pertiwi, S. E. (2011). Gaya Komunikasi Pustakawan Terhadap Pengguna Jasa Layanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 18(3), 50–55.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi (8th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwa, AP. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.

Rohmah, N. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Santosa, P. B., & Hamdani, M. (2007). Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

Sari, A. F. (2022). Kendala dan Efek Komunikasi dalam Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i1.23

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8(5), 112. doi:10.23917/komuniti.v8i5.2942

Suciati, P., Maulidiyanti, M., Triawinata, F. M., Rizkiyanti, N., Komunikasi, P., Vokasi, P. P., & Indonesia, U. (2018). Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), 15–20.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarbiyatuna, J. (2019). Gaya Komunikasi Pendidik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTs Mamba ’ ul Hisan Kabupaten Magelang, 10(1), 68–80.

Tim Detikcom. (2020). Respons COVID-19, Jokowi: Pelajar dan Mahasiswa Belajar dari Rumah. New.Detik.Com. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4939888/respons-covid-19-jokowi-pelajar-dan-mahasiswa-belajar-dari-rumah.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v3i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alifia Nurul Fadhilah, Fajar Iqbal



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)