Kartun sebagai Media Komunikasi Visual Materi Ajar di Dunia Pendidikan

Sujendro Hery Nugroho, Poppy Ruliana

Abstract


Media pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahakan dari dunia pendidikan. Media pembelajaran menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena dari sisi pengajar, media pembelajaran yang tepat dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mempermudah proses belajar siswa, sedangkan bagi siswa (pelajar) metode pembelajaran yang tepat akan mempermudah pelajar menerima materi yang disampaikan. Perkembangan teknologi yang canggih saat ini, mendorong inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang baru, salah satunya dengan media berbasis visual salah satunya menggunakan kartun. Berdasarkan hasil beberapa penelitian dan beberapa wawancara baik guru di beberapa sekolah dan kampus maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran kartun dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kelas pembelajaran, membantu siswa dalam menerima materi pelajaran, serta dapat menurunkan kecemasan pada siswa.


Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7. 5-24.

Hery, S. (2020). Gak Ngarikatur Gak Cuan. Elex Media Komputindo

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Siswa Pendahuluan pada Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan di Abad Ini, Pendidikan Terus Menjadi Topik Menarik Untuk Diperbincangkan Oleh Banyak Pihak, Tanpa Pendidikan, Manusia Yang Hi. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101-106

Nurohimah, M., Supriadi, N.,& Widyastuti, R. (2018). Pemanfaatan Kartun Fisika Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Belajar pada Siswa Kelas VII MTS. N Purworejo. Radiasi, 1(1), 45-48.

Patonah, D., Wijaya, W. M., & Rosalin, E. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun Pada PEmbelajaran Untuk Meningkatkan Berhitung Peserta Didik Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 37-45, Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V19il.17130.

Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88-93.

Ramli, M. (2012). Media Teknologi Pemnbelajaran. IAIN Antasari Press.

Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual DalamProses Pembelajaran Fiqih Di MAN Luok Bangkian Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmua Pengetahuan, 14(1), 18-37, Https://Doi.Org/10.25299/Al-Hikmah:Jaip.Vol14(1).1170

Sukanta, W., Ahmad, S., & Aisyah, S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun Terhadap Hasil Pelestariannya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Belitang Iiii KAbupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Swarnabhumi, 2(1), 23-29

Wardaya, M. (2018). Visual Media as Assisting Instrument to Improve Students Listening Ability. Visual Communication Design Journal, 3(1), 1-12.

Yunitasari, (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Kemempuan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Iii SD. In Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura. Tanjungpura Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sujendro Hery Nugroho, Poppy Ruliana



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesian Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)