Strategi Pemasaran Rumah Sakit UMMI dalam Meningkatkan Pendapatan pada Masa Pandemi Covid-19

Ajri Fathurrahman, Muhammad Isnaini

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu perusahaan yang awalnya merupakan perusahaan nonprofit yang bergerak dalam membantu masyarakat untuk memberikan pelayanan terutama dalam bidang kesehatan. Persaingan antarindustri penyedia layanan kesehatan semakin ketat, bisa kita lihat dari mulai klinik, rumah sakit umum, hingga rumah sakit khusus. Agar bisa bertahan, rumah sakit harus bisa dikelola secara efisien dengan menghasilkan pelayanan yang prima sehingga mampu memberikan kepusan kepada seluruh konsumen yang menjadi target dari pemasarannya. Oleh karena itu rumah sakit harus memiliki serta melaksanakan program pemasaran yang efisien. Pada penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dimana peneliti mencoba untuk mengkonstruksi pengamatan-pengamatan yang diamati oleh peneliti.


Full Text:

PDF

References


Morissan. (2010). Periklanan komunikasi terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana

Bungin, B. (2011). Pardigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Jalaludin, R. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kartajaya, H. (2010). Konsep Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., Kevin, L.K. (2019). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Kotler, P., Gray, A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Salim, A. (2006). Teori Paradigma Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hermawati, T dkk. Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Sebagai Upaya Peningkatan

Publisitas. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Indisari, F dkk. Krisis Komunikasi Pada Masa Pandemi Covid-19 (studi kasus pemberitaan

Penyebaran covid-19 melalui udara). Universitas Dehasen Bengkulu.

Ratnasari, A. (2008). Komunikasi Kesehatan: Penyebaran infromasi gaya hidup sehat. Mediator

(1).




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ajri Fathurrahman, Muhammad Isnaini



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)