Kemenarikan Iklan OMO! Healthy Snack dalam Membangun Brand Awareness di Media Sosial

Verlita Evelyn Raimond

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang berupa semakin populernya media sosial dalam kegiatan bisnis khususnya untuk menampilkan iklan suatu brand. Penelitian ini mengangkat brand OMO! Healthy Snack, yaitu suatu brand makanan ringan produksi lokal Indonesia yang sehat bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemenarikan iklan brand OMO! Healthy Snack di media sosial Instagram dalam membangun brand awareness. Kajian ini menggunakan kerangka pikir fenomenologi Edmund Husserl dan interaksionisme simbolik Herbert Blumer untuk mengurai interaksi antara pemilik brand dan pembeli brand. Penelitian ini berlokasi di Jakarta dan menggunakan paradigma interpretif dan memakai metode kualitatif. Subyek yang telibat dalam kajian ini adalah pemilik brand OMO! Healthy Snack dan pembeli brand OMO! Healthy Snack. Hasil penelitian ini menyimpulkan, pembeli tertarik secara visual dan mengasosiasikan iklan brand OMO! Healthy Snack dengan dunia anak-anak, dan pemilik brand OMO! Healthy Snack menjadikan iklan brand OMO! Healthy Snack sebagai medium edukasi jajanan sehat bagi ibu-ibu. Penelitian ini ingin berkontribusi pada studi tentang komunikasi khususnya komunikasi brand dengan menggarisbawahi proses aktif para konsumen dalam memaknai simbol-simbol yang ditampilkan oleh pemilik brand melalui tampilan iklan.


Full Text:

PDF

References


Alvita, A. C., & Sudrajat, R. H. (2020). Representasi Kecantikan Kontemporer Pada Perempuan Dalam Iklan (Analisis Semiotika John Fiske Dalam Iklan Nivea# Extracare For Extra Women). EProceedings of Management, 7(3).

Asri, R. (2018). Konstruksi Realitas Kecerdasan Anak: Analisis Semiotik Barthes Iklan Susu Formula Anak di Televisi. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 43–65.

Beasley, R., & Danesi, M. (2010). Persuasive signs: The semiotics of advertising. In Persuasive Signs: The Semiotics of Advertising. Walter de Gruyter. https://doi.org/10.1515/9783110888003

Berglund, H. (2015). Between cognition and discourse: Phenomenology and the study of entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.

Blumer, H. (1969). Symbolic interactionism (Vol. 50). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Braun, S. (2015). Can we all agree? Building the case for symbolic interactionism as the theoretical origins of public relations. Journal of Professional Communication, 4(1).

Burmann, C., Riley, N.-M., Halaszovich, T., & Schade, M. (2017). Identity-based brand management. Wiesbaden: Springer Gabler, 10, 973–978.

Carter, M. J., & Fuller, C. (2015). Symbolic interactionism. Sociopedia. Isa, 1(1), 1–17.

Conita, A., Hadiprawiro, Y., & Hidayati, A. N. (2021). Iklan Tokopedia Versi BTS sebagai Representasi Korean Waves. Jurnal Desain, 8(2), 188–206.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dacko, S. (2008). The advanced dictionary of marketing: putting theory to use. Oxford University Press.

Danesi, M. (2013). Phenomenology. In M Danesi (Ed.), Encyclopedia of Media and Communication (p. 514). University of Toronto Press. https://www.jstor.org/stable/10.3138/9781442695528

Danesi, Marcel. (2013). Advertising. In Marcel Danesi (Ed.), Encyclopedia of Media and Communication (pp. 11–23). University of Toronto Press. https://www.jstor.org/stable/10.3138/9781442695528

Djamereng, A. (2018). Analisis Semiotika pada iklan di televisi (Iklan Wardah dan iklan Total Almeera). Jurnal Al-Khitabah, 4(1).

Febry, F. (2010). Kebiasaan Jajan Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 1(2).

Ghazali, M. (2016). Buat Duit Dengan FB & Instagram. PTS Publishing House Sdn. Bhd.

Gustafson, T., & Chabot, B. (2007). Brand awareness. Cornell Maple Bulletin, 105, 1–5.

Hootsuite. (2020). Indonesian Digital Report 2020.

HOOTSUITE, W. E. A. R. E. S. Y. (2020). Digital 2020. Global Digital Overview. Datareportal.

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan jiwa wirausaha melalui peran sosial media. Jurnal Informatika Upgris, 2(1).

Jasmine Production House. (2021). OMO!! Snack for Mom and Baby.

Kelleher, C., & Peppard, J. (2011). Consumer experience of value creation-a phenomenological perspective. ACR European Advances.

Kim, H.-S., & Hall, M. L. (2014). Fashion brand personality and advertisement response: incorporating a symbolic interactionist perspective. In T. Choi (Ed.), Fashion Branding and Consumer Behaviors (pp. 29–45). Springer.

Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram: Visual social media cultures. John Wiley & Sons.

Lewis, B. K., & Nichols, C. (2014). Social media and strategic communication: An examination of theory and practice in communication research. In D. Holtzhausen & A. Zerfass (Eds.), The Routledge handbook of strategic communication (pp. 569–584). Routledge.

Liani, T. A., & Wienanda, W. K. (2019). Analisis semiotik terhadap iklan Youtube mie sedaap Korean spicy chicken. Jurnal Gama Societa, 3(2), 79–86.

Ligas, M., & Cotte, J. (1999). The Process of Negotiating Brand Meaning: a Symbolic Interactionist Perspective. Advances in Consumer Research Volume, 26, 609–614. https://www.acrwebsite.org/volumes/8329/volumes/v26/NA-26/full

Littlejohn, S. (2017). Theories of human communication. Waveland Press.

Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences (9th, Global Edition). Essex: Pearson Education Ltd.

Mancuso, M. S., & Tonelli, M. (2014). The phenomenological approach: a framework to design markets. Proceedings of the 59th International Council for Small Business World Conference, 4437–4451.

Maurya, U. K., & Mishra, P. (2012). What is a brand? A Perspective on Brand Meaning. European Journal of Business and Management, 4(3), 122–133.

McCay-Peet, L., & Quan-Haase, A. (2017). What is social media and what questions can social media research help us answer. The SAGE Handbook of Social Media Research Methods, 13–26.

Narida, M. G. (2020). Brand Image Dalam Persaingan Iklan E-commerce Menggunakan Brand Ambassador (Analisis Semiotika Iklan Shopee ‘Bisa Tuku Saiki’versus Tokopedia x BTS). JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 3(1), 12–25.

Nurbiyati, T. (2014). Pentingnya memilih jajanan sehat demi kesehatan anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 192–196.

Palangi, A. (2013). Interactivity. In Marcel Danesi (Ed.), Encyclopedia of Media and Communication (pp. 363–364). University of Toronto Press. https://www.jstor.org/stable/10.3138/9781442695528

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214–224.

Riandy, D., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Kreatif Iklan Online Shop Aksesoris Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Akun@ Summercity_Id Dan@ Neve_Blink). Prologia, 3(1), 74–79.

Samsu, S. (2017). Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Pusaka Jambi.

Sendari, A. A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Diakses Pada Oktober, 19, 2019.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujatmiko, G. (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Iklan Minute Maid Pulpy Tahun 2008-2018. Jurnal Komunikatif, 7(2).

Svensson, P. (2007). Producing marketing: towards a social-phenomenology of marketing work. Marketing Theory, 7(3), 271–290.

Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The effect of social media to the brand awareness of a product of a company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9–14.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74.

Watson, J., & Hill, A. (2015). Dictionary of media and communication studies. Bloomsbury Publishing USA.

Widyaswari, I. G. A. W., & Widnyana, I. G. N. (2019). Kajian Iklan TK Widya Kumara Sari di Sosial Media Facebook sebagai Sarana Promosi dan Branding. Senada (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), 2, 295–301.

Winarso, B. (2015). Apa itu Instagram, fitur dan cara menggunakannya. DailySocial. Id. Diakses Dari Https://Dailysocial. Id/Post/Apa-Itu-Instagram.

Wirasari, I., & Ferdiana, T. (2018). Strategi Kreatif Tema Pahlawan Dalam Iklan Media Sosial Bukalapak. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Verlita Evelyn Raimond



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesian Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)