Pengaruh Kualitas Pelayananan terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Batik Air

Grace Natalie Valencia, A G Sudibyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang Batik Air. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah penumpang Batik Air periode tahun 2019 yaitu sebanyak 10.989.896 orang. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden penumpang Batik Air. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan, kualitas pelayanan Batik Air berpengaruh terhadap loyalitas penumpang. Kualitas pelayanan dapat memberikan suatu dorongan kepada penumpang untuk menjalin ikatan jangka panjang yang kuat dengan Batik Air atau disebut sebagai loyalitas.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2008). Public relations praktis. Bandung: Widya Padjadjaran.

Danandjaja. (2011). Peranan humas dalam perusahaan. Graha Ilmu.

Daryanto, I. S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media.

Frida, K. (2002). Dasar-dasar humas. Jakarta: PT Gahalia Indonesia.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: menumb & mempertahankan kesetiaan pelanggan.

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. UMM Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management 12e. France: Edition Pearson Education.

Kriyantono, R. (2009). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Predana Media Group.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta PT Raya Grafindo Persada.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajagrafindo Persada.

Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Rajawali Pers.

Sangadji, E.M. dan S. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.

Singarimbun. (2011). Metode Penelitian Survai.

Soemirat, S. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, A. S. (2010). Metodelogi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. UIN-maliki Press.

Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Yadin, D. dan J. (2004). Public Relations. Erlangga.

Zaenal Mukarom, Z., & Muhibudin Wijaya Laksana, M. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. Pustaka Setia.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Simon and Schuster.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Grace Natalie Valencia, A G Sudibyo



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)