Motif Ber-kasundaan Pelaku Seni Keturunan Tionghoa di Kota Bandung

Santi Susanti, Rachmaniar Rachmaniar

Abstract


Seni budaya Sunda tumbuh dan berkembang di wilayah Jawa Barat yang dihuni orang Sunda. Kota Bandung sebagai ibukota Jawa Barat, merupakan wilayah yang memiliki keragaman penduduk dengan berbagai latar belakang budayanya. Interaksi dan komunikasi yang berlangsung di antara warga masyarakat menumbuhkan rasa memiliki budaya Sunda pada diri warga Kota Bandung keturunan Tionghoa, yang diungkapkan dalam wujud yang mereka sukai, salah satunya adalah seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan motif berkasundaan pelaku seni keturunan  Tionghoa di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang menekankan pada pengungkapan pengalaman informan dalam menjalankan kasundaan melalui kesenian. Informasi diperoleh melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam serta observasi dan penelaahan dokumen serta literatur yang relevan dengan penelitian. Analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles-Huberman dan verifikasi data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif berkasundaan para pelaku seni keturunan Tionghoa di Kota Bandung terdiri dari because motive dan in order to motive, yang menjadi aspek pendorong dan aspek harapan. Aspek pendorong terbagi ke dalam aspek ekstrinsik dan aspek intrinsik. Aspek pendorong ekstrinsik yang berasal dari luar diri individu terdiri dari interaksi dengan lingkungan sosial dan alam. Sementara itu, aspek intrinsik, yang bersumber dari dalam diri dan keluarga inti individu informan terdiri dari minat, hobi dan bakat serta keberakaran pada budaya Sunda. Kedua aspek tersebut menghasilkan aspek harapan yang ingin dicapai individu dalam ber-kasundaan, seperti melestarikan budaya Sunda dan masyarakat dapat menghargai alam.

Full Text:

PDF

References


Bajari, A. (2009). Konstruksi Makna dan Perilaku Komunikasi pada Anak Jalanan di Cirebon. Disertasi. Bandung: UniversitasPadjadjaran.

Chen, M. (1998). Family Literacy In A Chinese Community In the United States: An Ethnographic Study. Disertasi. USA: University of Massachusetts - Amherst.

Ekadjati, E. (1995). Kebudayaan Sunda: Suatu Pendekatan Sejarah. Jakarta: Pustaka Jaya

Kunto, H. (1984). Wajah Bandoeng Tempo Doeloe. Bandung: Granesia.

Liliweri, A. (2003). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LKiS.

Littlejohn, S.W., Karen A. F. (2009). Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Lubis, L.A. (2012). Komunikasi Antarbudaya Etnis Tionghoa dan Pribumi di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 13-27.

Miles, M.B., Huberman, A.M. (1992). Analisa Data Kualitatif. Terjemahan, Rohidi, Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ritzer, G. (1975). Sociology: A Multiple Paradigma Science. Boston: Allyn and Bacon.

Rosidi, A. (2009). Manusia Sunda. Bandung: Kiblat.

Saputra, S. (1950). Baduy. Tidak diterbitkan.

Schutz, A. (1967). The Phenomenology of Social World. Translated by George Walsh and Frederick Lehnert Illionis. Northwestern University Press.

Sumardjo, J. (2011). Sunda: Pola Rasionalitas Budaya. Bandung: Kelir.

Suryalaga, H. (2009). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah

Skober, T.R (2006). Orang Tionghoa Di Bandung, 1930-1960: Merajut Geliat Siasat Minoritas Tionghoa. Konferensi Nasional Sejarah VIII.

Warnaen, S. et.al. (1987). Pandangan Hidup Orang Sunda. Bandung: Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi) Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v3i1.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Santi Susanti, Rachmaniar Rachmaniar



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
http://idscience.id/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)