Pendekatan Public Relations Untuk Mengatasi Gap Komunikasi Antar Generasi di Perusahaan Summertide

Dita Julieta, Wirda Yulita Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan public relations perusahaan Summertide untuk mengatasi gap komunikasi antar generasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian fungsi publc relations pada Summertide dijalankan oleh divisi lain, dengan menggunakan teori two ways symmetrical sebagai pendekatan public relations komunikasi antar generasi di Summertide terdiri dari tiga aspek yaitu: (1) Kredibilitas, dipengaruhi oleh pendidikan dan pengalaman individu membuat setiap generasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing; (2) Keterbukaan komunikasi dilakukan secara online dan offline untuk penyebaran informasi, diskusi, hingga pemecahan masalah. Dalam penerapannya peneliti menemukan hambatan yang muncul akibat perbedaan generasi, sehingga keterbukaan tidak berjalan maksimal; (3) Konsistensi, karyawan dan atasan yang berbeda generasi secara konsisten dan berkelanjutan berkomunikasi baik secara daring maupun tatap muka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hanya satu dari tiga indikator sebagai penentu komunikasi efektif yang terlaksana dengan baik, kedua indikator lainnya tidak terlaksana dengan maksimal sehingga komunikasi di perusahaan Summertide belum efektif.


Full Text:

PDF

References


Adnjani, M., Maghvira, G., & Trimanah. (2020). Islamic Marketing Public Relations Strategy Of Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization. https://doi.org/10.4108/eai.27-8-2020.2303192

Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.199

Age Range by Generation. (2023). Beresford Research. https://www.beresfordresearch.com/age-range-by-generation/

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber, dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408–415. www.idx.co.id

Baihaqi, B. (2023, January 14). Mengenal Generasi Z dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya. Neraca. https://www.neraca.co.id/article/174284/mengenal-generasi-z-dengan-segala-kelebihan-dan-kekurangannya#:~:text=Generasi%20Z%20ini%20memiliki%20keunggulan,dalam%20satu%20waktu%20yang%20sama.

Budi, H. I. S. (2021). Minimalisir Konflik dalam Gap Generasi Melalui Pendekatan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Teologi Injili, 1(2), 72–87. https://doi.org/https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.11

Budi, H. irawan. (2021). Minimalisir Konflik dalam Gap Generasi Melalui Pendekatan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Teologi Injili, 1(2), 72–87. https://doi.org/https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.11

Butsi, F. I. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis, dan Kritis Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48–55. https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/27

Dian, M. (2018, April 27). Mengenal Karakter Positif yang Dimiliki Para Generasi Millennial dalam Dunia Kerja. Beautyjournal.Id. https://journal.sociolla.com/lifestyle/karakter-positif-yang-dimiliki-para-generasi-millenial

Fauzi, P., & Setyawan, R. D. (2023). Faktor Keberhasilan Startup Digital Berdasarkan Kepemimpinan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 610–622. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12105

Hardani, Juliana Sukmana, D., & Fardani, R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Seri Buku Ajar View project publikasi jurnal View project (H. Abadi, Ed.). CV. Pustaka Ilmu Group. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Hidayatullah, S. (2022). Penerapan Two Ways Symmetric Communication Pada Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Pakatto. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/32988-Full_Text.pdf

Jaya, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata (F. Husaini, Ed.; 1st ed.). Anak Hebat Indonesia.

Kaukab, M. E. (2020). Public Relations. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Wonosobo. https://www.researchgate.net/publication/344086582

Kesehatan Mental Generasi Z dan Milenial Disebut Yang Paling Lemah. (2022). Binus University. https://communication.binus.ac.id/2022/12/07/kesehatan-mental-generasi-z-dan-milenial-disebut-yang-paling-lemah/

ManpowerGroup (Firm). (2016). Millennial Careers: 2020 Vision. ManpowerGroup. https://www.voced.edu.au/content/ngv%3A74842

Ma’rufah, A., & Fathoni, K. (2018). Model Dan Pendekatan Public Relations (Models and Approaches to Public Relations). Jurnal Studi Agama, 6(1). https://doi.org/doi.org/10.5281/zenodo.3523150

Millennials, baby boomers or Gen Z: Which one are you and what does it mean? (2023). BBC UK. https://www.bbc.co.uk/bitesize/articles/zf8j92p

Nuraeni, N., & Fitriah, M. (2015). Hubungan Antara Kekuatan Kredibilitas Komunikator Dalam Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Pelanggan Di Rancamaya Golf Dan Country Club Di Kabupaten Bogor. 1(1). https://ojs.unida.ac.id/JK/article/view/117/193

Parindra, R. A. (2017). Pelaksanaan Fungsi Humas Bppmkb Kota Pekanbaru Dalam Mengkampanyekan Program Keluarga Berencana Kepada Pasangan Usia Produktif Di Kota Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/19704/7/7.%20BAB%20II.pdf

Pradana, F. C., & Anggraini, R. (2022). Analisis Framing Pemberitaan “Jokowi 3 Periode” Dalam Portal Berita Online. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, VII(2), 52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33376/ik.v7i2.1915

Putri, G. S., Hartanto, B., & Husna, N. (2019). Generation Gap; Analisa Pengaruh Perbedaan Generasi Terhadap Pola Komunikasi Organisasi di Perusahaan Consumer Goods Di Kota Surabaya. Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33319/sos.v20i1.36

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21–24. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/ICCN/article/view/2721

Rahman, S. (2018). Kegiatan hubungan internal melalui human relations pada PT. Dias Design Consult Bandung: Studi kasus hubungan internal melalui human relations pada PT. Dias Design Consult Bandung. Doctoral Dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/18777/

Rakhmah, D. N. (2021, February 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produ k/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Rismayanti. (2018). Hambatan Komunikasi Yang Sering Dihadapi Dalam Sebuah Organisasi. Jurnal Al-Hadi, 4(1), 825–834. Https://Jurnal.Pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/384

Salman, A. (2018). Penerapan Two Ways Symmetric Pada Badan Pemusyawaratan Desa (Studi Kehumasan di Desa Pakkatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://core.ac.uk/reader/304704820

Salsadila, F., & Putri, W. Y. (2022). Strategi Komunikasi Media Baru pada Maxx Coffee di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Jurnalistik, 8(1), 110–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31736

Sariani, N. L. P. (2020). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bhr Law Office. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2). https://doi.org/10.38043/jimb.v2i2.2313

Sendari, A. A. (2021, October 7). Konsisten adalah Ketetapan Bertindah, Ketahui Manfaat dan Cara Membangunnya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/4678090/konsisten-adalah-ketetapan-bertindak-ketahui-manfaat-dan-cara-membangun

Siahaan, F. M., & Bangko, S. (2021). Komunikasi Internal Gunung Steel Group Dalam Pelaksanaan Fungsi Public Relations Untuk Membangun Reputasi. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(1), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jpr.v2i1.302

Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z : Memahami karakter generasi baru yang akan mengubah dunia kerja (L. Jusuf, Ed.; 1st ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ulfitroh, S. A. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus Semarang Fakultas Bahasa Dan Budaya. Universitas Semarang. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/F11A/2016/F.131.16.0080/F.131.16.0080-15-File-Komplit-20210918084937.pdf

Utami, K., & Irwansyah. (2022). Aplikasi Mobile Pretty Up Terhadap Body Image Para Wanita. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi , VII(2), 69–87. https://doi.org/10.33376/ik.v7i2.1798

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/318

Wijayanti, S. K., Fahleti, W. H., & Budiman. (2021). Minat Belanja Produk Fashion Secara Online : Perbedaan Antara Generasi X, Y dan Z. Gerbang Etam, 15(2), 29–40.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v4i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dita Julieta, Wirda Yulita Putri



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung

http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)

 

.