Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Penggunaan Cashless Mobile Payment kepada Generasi Baby Boomers

Bunga Permata Putri, Sarah Samaria

Abstract


Penelitian ini menganalisis strategi Humas Ottopay dalam mensosialisasikan penggunaan pembayaran cashless kepada generasi baby boomers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deiskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ottopay menggunakan teori komunikasi manajemen menurut menurut James A.F. Stonner dengan melalui strategi humas untuk melakukan sosialisasi cashless mobile payment kepada generasi baby boomers, termasuk adanya strategi operasional, pendekatan persuasif edukatif,  sikap tanggung jawab sosial dan pendekatan kerjasama. Tim Humas Ottopay aktif berkomunikasi dengan mitra dan pengguna untuk membantu mengatasi kendala teknologi, serta memberikan edukasi dan informasi tentang fitur aplikasi. Pendekatan persuasif juga digunakan untuk membujuk dan memotivasi pengguna dalam mengadopsi pembayaran cashless. Selain itu, Ottopay memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu generasi baby boomers dalam menghadapi perubahan teknologi. Kerjasama yang baik dengan para pengguna, pelaksanaan program insentif, serta pendekatan langsung di lapangan juga menjadi faktor penting dalam strategi sosialisasi. Saran dari penelitian ini kepada pihak Ottopay untuk terus meningkatkan upaya edukasi dan komunikasi dengan generasi baby boomers agar penggunaan cashless semakin meluas.


Full Text:

PDF

References


Aflah, R. (n.d.). Pentingnya public relations untuk Kemajuan Bisnis.

Akhirudin, M. (2008). Rangkuman Manajemen Public Relations dan Media Komunikais : Konsep dan Aplikasinya.

Ardianto, E., & Nurbaya, N. (2016). Metodologi penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Arfiani, I. (2014). Kebijakan Menekan Angka Pengangguran Melalui Program Pelatihan Kerja Di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Magelang.

Aslam, W., Ham, M., & Arif, I. (2017). Consumer behavioral intentions towards mobile payment services: An empirical analysis in Pakistan. Market-Trziste, 29(2), 161–176. https://doi.org/10.22598/mt/2017.29.2.161

Bank Indonesia. (2022, April 9). Uang Palsu Banyak Beredar, Sejumlah Pedagang Takjil Ramadan Jadi Korban. Kaltim Today .

Diyatmiko, B. (n.d.). Strategi Public Relations PT. Asuransi Takauful Keluarga dalam Mensosialisasikan Asuransi Syariah.

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.76

Fio, F. (2020). Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Program JTI (Jujur, Tulus,Ikhlas) Kepada Karyawan PTPN 5 Pekanbaru.

Hallahan, K. (2000). Enhancing Motivation, Ability, and Opportunity to Process Public Relations Messages.

Iqbal, M. (2023, January 18). Pedagang di Garut Dihantui Peredaran Uang Palsu. Merdeka.Com.

Jalil, Lili. (2020). Bisnis dalam perspektif Hadis. .

Kasali, R. (2003). Manajemen public relations. Jakarta: Grafiti.

Megawati, M., Hambali, P., Kawengian, D. D. V, & Tulung, L. E. (2017). Strategi Humas Perusahaan Donggi Senoro Liqueried Natural Gas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Program Corporate Social Responsibility di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai (Issue 1).

Nadia, S. (2021). Baby Boomer, Generasi X dan Millenial: Perbedaan Karakteristik dan Perilaku di Dunia Kerja. https://pmb.brin.go.id/baby-boomer-generasi-x-dan-millenial-perbedaan-karakteristik-dan-perilaku-di-dunia-kerja/

Ningsih, I. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Bone (Vol. 5, Issue 1). http://repository.unijambi.ac.id/16

Nugraheni, A. I. P., Pancawati, N., & Yuda, N. P. (2022a). Hambatan Generasi Baby Boomers dalam Mengadopsi Dompet Digital di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 417. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1162

Nugraheni, A. I. P., Pancawati, N., & Yuda, N. P. (2022b). Hambatan Generasi Baby Boomers dalam Mengadopsi Dompet Digital di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 417. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1162

Peša, A. R., & Brajković, A. (2016). Testing The ‘Black Swan Effect’ on Croatian Stock Market Between 2000 and 2013. EMAJ: Emerging Markets Journal, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.5195/emaj.2016.92

Puspaningtyas, L. (2023, April 12). Hati-Hati, BI Sudah Temukan Uang Palsu di Musim Jelang Lebaran. REPUBLIKA.

Putri, A. M., & Ruliana, P. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. In InterScript: Journal of Creative Communication (Vol. 1, Issue 1).

Putu, N., Krismawintari, D., & Komalasari, Y. (2019). Perilaku Pembelian Melalui Cashless Payment pada Gerai Retail (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Badung Bali.

Ridwan Harnina, & Yusuf Bakri. (n.d.). Manajemen Komunikasi dalam Pengelolaan Informasi Pembangnan Daerah.

Rif’ah, S. (2019). Fenomena Cashless Society di Era Milenial dalam Perspektif Islam. In Journal of Sharia Economics (Vol. 2).

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rumimpunu, M., Warouw, D., & Harilma, S. (2014). Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Program E-Toll card PT Jasa Marga (Studi Kasus pengguna E-Toll Card di GTO Semanggi).

Sahputra, D. (2020). Manajemen Komunikasi Suatu Pendekatan Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.4069

Saleh, D. M., Pendidikan, S. P., Perkantoran, A., Ekonomi, F., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). The Role Of Public Relations In Service To The Community In The Departement Of Communication Information and Coding Yogyakarta City.

Satira, U., & Hidriani, 2rossa. (n.d.). Peran Penting Public Relations Di Era Digital.

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0. Andi.

Terry, G. R., & Smith D.F.M., J. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen . Bumi Aksara .

Tunai, N., Provinsi Bali, D., Agung, G., Swaryputri, L., & Wibisono, A. (n.d.). Strategi Komunikasi Humas Bank Indonesia Dalam Sosialisasi Penerapan Transaksi. In Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi Januari 2022 (Vol. 24, Issue 1).

Weng, F., Yang, R. J., Ho, H. J., & Su, H. M. (2018). A tam-based study of the attitude towards use intention of multimedia among school teachers. Applied System Innovation, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.3390/asi1030036

Yuke, A., Putra Pratama, W., Sartika, I., Maghfiroh, E., & Priharsari, D. (2022). Analisis Minat Penggunaan Cashless Payment dalam Transaksi Jual Beli Selama Pandemi pada UMKM Kota Malang (Vol. 6, Issue 5). http://j-ptiik.ub.ac.id

Yuli Nurhanisah. (2023, March). Orang Indonesia Makin Cashless. https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-cashless




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v4i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bunga Permata Putri



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung

http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)

 

.