Pengaruh Kampanye #BringBackOurBottles terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Followers Instagram The Body Shop

Dyandra Raversa Alwie, Susi Dhewi Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #BringBackOurBottles terhadap sikap peduli lingkungan pada followers instagram The Body Shop. Terdapat respons berupa sikap positif dari followers di instagram, namun data resmi The Body Shop memperlihatkan bahwa jumlah kemasan kosong yang kembali masih cenderung sedikit jika dibandingkan dengan total produk yang terjual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif, serta menggunakan metode penelitian survey. Dapat dilihat bahwa nilai R (Koefisien Korelasi) sebesar 0,880 yang dinyatakan sangat kuat, maka dinyatakan kampanye #BringBackOurBottles berperan penting terhadap sikap peduli lingkungan pada followers instagram The Body Shop. Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 0,774 atau 77%. Selisihnya sebesar 23% (100% – 77%) merupakan faktor lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Aliaga, M., & Gunderson, B. (2005). Interactive Statistics (3rd Edition). Sage Publications.

Azwar, S. (2013). Sikap dan Perilaku Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Babbie, E. (2016). The Practice of Social Research. Boston: Cengage Learning.

Coffman, J. (2002). Public communication campaign evaluation. Harvard Family Research Project.

Dwi, F. W., & Hadi A. Sigit Pramono. (2020). Pengaruh Kampanye “#Budayabeberes ” t erhadap Sikap Konsumen di Gerai KFC Setiabudi Pamulang. Prosiding Humas. 480–488.

Jack R. Fraenkel, Norman E. Wallen, & Helen H. Hyun. (2012). How to Design Research in Education and Evaluate. Quarterly Review of Biology.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. Mc Graw Hill Education.

Neuman, W. L. (2011). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Pearson Education.

Park, Y. S., Konge, L., & Artino, A. R. (2020). The Positivism Paradigm of Research

Ramadhanti, H., & Widyasanti, G. (2021). Pengaruh Program Kampanye #ruangabacajakarta Terhadap Sikap Penumpang MRT Jakarta. Prosiding Hubungan Masyarakat

Rogers, E. M., & D., S. J. (1987). Communication Campaigns. Theory and Research in Mass Communication (Issue January 1987). https://doi.org/10.4324/9781410604 033-14

Sirait, N., Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Let’s Disconnect to Connect” terhadap Sikap Anti-Phubbing (Survei pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika.

Tillé, Y. (2020). Sampling and Estimation from Finite Populations. Sampling and Estimation from Finite Populations. https://doi.org/10.1002/9781119071 259

Tuten, T., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing - Tracy L. Tuten,

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. In Manajemen Kampany - Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v4i2.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dyandra Raversa Alwie



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung

http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)

 

.