Coffeemezation: Communication Content Kampanye Starbucks dalam Meningkatkan Engagement Audiens

Putri Diah Listiani

Abstract


Public Relations starbucks Indonesia mebuat kampanye coffeemezation untuk mengakomodir karakteristik customer generasi muda  yang menginginkan persona diri untuk tampil unik dan berbeda serta meningkatkan kreativitas untuk mendorong how creations product Starbucks Indonesia. Penelitian ini fokus meneliti communication conten di media sosial terhadap engagement audiens dalam kampanye coffeemezation Starbucks Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh communication content kampanye Starbucks Indonesia dalam meningkatkan egangement audiens dan mengetahui seberapa besar pengaruh communcation content kampanye Starbucks Indonesia dalam meningkatkan engagement audiens. Communication content pada kampanye ini memiliki fungsi pesan dan melibatkan multimedia sehingga meningkatkan engagement audiens secara kognitif, afektif, dan konatif seperti; like, comment, share dan reshare di media sosial @starbucksindonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif, populasi yang digunakan merupakan followers Instagram Strabucks Indonesia dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner melaui google form, dengan analisis data menggunakan program Smart PLS 4 (Partial Least Square). Hasil pada penelitian ini bahwa, communication content memiliki pengaruh secara signifikan dalam meningkatkan  engagement audiens pada kampanye coffeemezation Starbucks Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Adani, D., Yulianti, W., Yunia, A., & Pinariya, J. M. (2021). Kampanye Marketing Public Relations BeBASEkspresi Mengenai Perubahan Stigma Standar Kecantikan Perempuan Indonesia. Journal of Research on Business and Tourism, 1(2), 90. https://doi.org/10.37535/104001220211

Agnius, A & Clancey, G. (2019). Faster, Smarter, Loude: Master Attention in a Noisy Digital Marketing. New York: Lioncrest Publishing.

Agozie, D. Q., & Nat, M. (2022). An analysis of organizational communication on Twitter. 1–9. https://doi.org/10.1057/s41599-022-01275-5

Arianita, V. B. J., Roosinda, F. W., & Ekantoro, J. (n.d.). Kampanye Digital pada Instagram @ Perhumas _ Indonesia melalui # IndonesiaBicaraBaik dalam Mewujudkan Masyarakat 5 . 0. 8(2), 113–122.

Arifah, N. L., & Anggapuspa, M. L. (2023). Pengaruh Elemen Visual Pada Konten Instagram Rintik Sedu Dalam Meraih Engagement Audiens. Jurnal Barik, 4(3), 141–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Aryaningrum, K., & Pratama, R. E. (2017). Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Harmony, 2(2), 10–27.

Diakses pada 28 Juli 2023, dari https://tanic.design/blog/guide-boosting-customer-engagement

Diakses pada 28 Juli 2023, dari https://yougov.co.uk/topics/consumer/articles-reports/2022/01/05/uk-coffee-drinking-among-gen-z-survey

Diakses pada 28 Juli 2023, darihttps://www.similarweb.com/website/starbucks.co.id/

Diakses pada 12 Mei 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia

Diakses pada 12 Mei 2023, dari https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

Diakses pada 13 Mei 2023, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/31/064958420/coffeemezation-kreasikan-minuman-sesuai-selera-di-starbucks?page=all#

Diakses pada 30 Mei 2023, dari https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=554

Fatmarianti, W. D., & Hadi, S. P. (2020). Peng aruh Kampanye “#Budayabeberes ” terhadap Sikap Konsumen di Gerai KFC Setiabudi Pamulang . 480–488.

Fissi, S., Gori, E., Marchi, V., & Romolini, A. (2022). Social media, brand communication and customer engagement in Michelin-starred restaurants during a time of crisis. British Food Journal, 125(13), 16–33. https://doi.org/10.1108/BFJ-04-2022-0363

Girsang& Kartikawangi,2021.pdf. (n.d.).

Halkias, D. (2016). Social media and the practice of marketing public relations in Cyprus Marcos Komodromos *. 8(2), 103–113.

Hendrayani, Y., Alkautsar, M. S., & Manihuruk, H. (2022). Marketing public relations strategy of coffee shop business during COVID-19 pandemic. 7(1), 93–108.

Heskiano, Yanuar, T., & Hilmy, M. R. (2020). Social Media Marketing Relations, Brand Awareness to Brand Loyalty Through The Brand Image. Journal of Multidisciplinary Academic, 4(4), 208–214.

Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Interactive Marketing, 28(2), 149–165. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.12.002

Janarti, E., & Premadi, C. (2023). Memahami Persepsi Nilai Utilitas Konsumen dan Dampaknya Terhadap Intensi Penggunaan Hashtag Dalam Kampanye Public Relations. 6, 1–9.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.

Jha, A. K., & Verma, N. K. (2023). Social Media Platforms and User Engagement: A Multi-Platform Study on One-way Firm Sustainability Communication. Information Systems Frontiers. https://doi.org/10.1007/s10796-023-10376-8

K. R., S. (2018). Technology and Transformation in Communication. Journal of Advance Research in Electrical & Electronics Engineering (ISSN: 2208-2395), 5(8), 01–13. https://doi.org/10.53555/nneee.v5i8.157

Karisma, F. N., Utami, F. M., & Zhafira, S. A. (2021). The Effect of Instagram Communication on Consumer’s Perception of Erigo Store. Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(1), 1–11.

Komendantova, N., Ekenberg, L., Svahn, M., Larsson, A., Shah, S. I. H., Glinos, M., Koulolias, V., & Danielson, M. (2021). A value-driven approach to addressing misinformation in social media. Humanities and Social Sciences Communications, 8(1). https://doi.org/10.1057/s41599-020-00702-9

Kurniawan, A., & Ridlo, M. R. (2017). PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENIKMAT WARUNG KOPI. 32(1), 9–22.

Kusumastuti, A., Khoiron, A.M., & Achmadi, A.T. (2020). Metode Penelitian Kuantitattif. Yogyakarta: Deepublish.

Lies Setyawati, R., & Anindita, R. (2022). Developing Customer Engagement Through Instagram Social Media on Local Coffee Shop. Majalah Ilmiah Bijak, 19(2), 168–183. https://doi.org/10.31334/bijak.v19i2.2539

Lim, W. M., & Rasul, T. (2022). Customer engagement and social media: Revisiting the past to inform the future. Journal of Business Research, 148(May 2021), 325–342. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.068

Meisyaroh, S., & Novena, M. (2020). the Influence of Public Relations Campaign #Nostrawmovement on Fast Food Restourant Consumer Participation. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 8(2), 116–124. https://doi.org/10.46806/jkb.v8i2.677

Mogaji, E. (2019). Strategic Stakeholder Communications on Twitter by UK Universities. Research Agenda Working Papers. Vol 2019, 2019(8), 104–119.

Nasr, A. K., Rashidirad, M., Yoganathan, V., & Sadaghiani, A. S. (2022). CSR marketing through social media and contextual effects on stakeholder engagement: a multinational cross-industry analysis. Information Systems Frontiers. https://doi.org/10.1007/s10796-022-10273-6

Pantouw, D. T. V., & Kurnia, K. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial terhadap Brand Image Erigo. Inter Script : Journal of Creative Communication, 4(2), 68–75. https://journal.interstudi.edu/index.php/interscript/article/view/1648

Rachmatunnissa, D., & Deliana, Y. (2020). Segmentasi Konsumen Coffee Shop Generasi Z Di Jatinangor. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 90. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2686

Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6245

Setiawan, D. P., Laura, R., Baskara, M., & Mahdalena, V. (n.d.). STRATEGI ‘ KAMPANYE PRODUK ’ PR AGENCY DI SOSIAL MEDIA. 5(April 2020), 268–291.

Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. https://doi.org/10.46937/17201926848

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktisi dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.25008/caraka.v4i2.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Diah Listiani



Indexed by: 
Google Scholar  

Copyright of CARAKA : Indonesia Journal of Communication


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 



Editorial Secretariat:

Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung

http://idsciencecenter.com/


Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga (WA 0811133471)

 

.