Analisis Pesan Persuasif Dalam Kampanye Pencegahan Stunting

Main Article Content

Ketryn Annisa Pangestika
Vinisa Nurul Aisyah

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pesan persuasif kampanye pencegahan stunting di Puskesmas Colomadu 2 melakukan pencegahan, penanganan, serta penyuluhan mengenai stunting. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model yang dikembangkan oleh Richrad Petty dan John Cacioppo. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Paradigma penelitiannya adalah konstruktivistik. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi dengan uji validitas triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan central route menggunakan riset melalui aplikasi EPPGBN dijadikan sebagai landasan penyusunan materi sosialisasi stunting di Puskesmas Colomadu 2. Selanjutnya, upaya Puskesmas Colomadu 2 melalui sosialisasi kampanye dalam pencegahan stunting yang dapat membentuk ikatan warga melalui diskusi dan partisipasi aktif masyarakat. Peripheral route menggunakan spanduk sebagai sarana penyampaian pesan melalui media visual dan memberi informasi kepada masyarakat luas tentang sadar pencegahan stunting. Kemudian dalam spanduk berisi gambar kartun, warna dominan biru dan putih pada spanduk, dan pesan persuasif mengenai definisi stunting serta pencegahan stunting yang bersifat padat. Selanjutnya kegiatan masak makanan bergizi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pencegahan stunting. Pada jalur peripheral route juga mengenai kredibilitas dari komunikator yang memiliki keahlian pada bidangnya untuk menumbuhkan kepercayaan audiens dan agar lebih didengar olehh masyarakat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ketryn Annisa Pangestika, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi 

Fakultas Komunikasi dan Informatika

Vinisa Nurul Aisyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi 

Fakultas Komunikasi dan Informatika

References

Aisyah, V. N. (2020). Analisis pesan persuasfi kelompok cyberprotest di twitter. Jurnal Studi Komunikasi, 4(1), 182-202.

Alam, S. (2020). Peran Influencer sebagai Komunikasi Persuasif untuk Pencegahan Covid-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136-148.

Angraini, D. I., Carolia, N., Tjiptaningrum, A., & Kurniati, I. (2023). Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Program Pemenuhan Gizi Anak Berbasis Konsumsi Pangan sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 531-540.

Bedasari, H., Novita, F., Razali, M. T., & Wana, I. S. L. (2022). STRATEGI DINAS KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN STUNTING (STUDI KASUS DI DESA PONGKAR KECAMATAN TEBING KABUPATEN KARIMUN). JURNAL KEMUNTING, 3(2), 703-722.

Chandrabuwono, A. B., & Alif, M. (2022). KESULTANAN BANJAR SEBAGAI ASET PARIWISATA: KREDIBILITAS SUMBER INFORMASI UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN MASYARAKAT KABUPATEN BANJAR. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 7(2), 204-215.

Darmansyah, E., & Yusran, R. (2024). Implementasi Kebijakan Kampanye Perubahan Perilaku dalam Upaya Penurunan Stunting di Puskesmas Danau Kerinci Barat. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 5(1), 10-10.

Fauzi, R., & Islamiah, M. N. (2022). Komunikasi Kesehatan. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 4(1), 1-17.

Fitri, A. N., & Muhajarah, K. (2021). Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibuâ€. Jurnal Komunikasi, 15(2), 115-130.

Haidar, N. F., & Martadi, M. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. Barik, 2(2), 121-134.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Jayadisastra, Y., Lasinta, M., & Dima, D. (2023). BIMBINGAN TEKNIS DAN IMPLEMENTASI KONSEP DESA DIGITAL SEBAGAI MEDIA MENINGKATKAN PELAYANAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI DESA KONDA SATU KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN: Bahasa Indonesia. Jurnal Pengembangan Inovasi dan Pembangunan Masyarakat, 1(1), 34-39.

Kreps, G. L., Bonaguro, E. W., & Query Jr, J. L. (2003). The history and development of the field of health communication. Russian Journal of Communication, 10, 12-20.

Khoiron, K., Rokhmah, D., Astuti, N., Nurika, G., & Putra, D. (2022). Pencegahan Stunting Melalui Penguatan Peran Kader Gizi dan Ibu Hamil Serta Ibu Menyusui Melalui Participatory Hygiene and Sanitation Transformation (PHAST). ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(1), 74-80.

Laili, U., & Andriani, R. A. D. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 8-12.

Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative descriptive research: An acceptable design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255-256.

Lubis, A. S. I. Kritik Komunikasi Kampanye Publik pada Kampanye Stunting Dinas Kesehatan Kulon Progo Tahun 2018. Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia, 3(1), 36-51.

Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Komunikasi antar budaya dalam perspektif antropologi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1).

Mukti, S., Purnama, A., Ridha, A. R., & Petroza, R. (2022). Analisis Komunikasi Kesehatan Terkait Keberhasilan Pencegahan Stunting Anak di Kabupaten Tanah Bumbu. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7), 9357-9368.

Mulyadi, A., Naryoso, A., Yuliyanto, M., & Ulfa, N. S. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM KAMPANYE NASIONAL PENURUNAN PREVALENSI STUTNING. Interaksi Online, 10(2), 152-169.

Mustafa, I., & Kusyati, A. N. H. (2021). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM KAMPANYE CEGAH STUNTING Studi Deskriptif Terhadap Pola Komunikasi Penyuluh Kesehatan Kepada Masyarakat Dalam Upaya Cegah Stunting di Desa Tilang, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Communicatio, 35-45.

Nahdiah, P., Sumadyo, B., & Sumarto, S. T. (2021). Deiksis Persona dan Pesan Persuasif dalam Buku Pengembangan Diri: Ingatkan Aku Karya Fitria NA. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 154-160.

Oktafiana, S. F., & Kristiana, N. (2021). Perancangan Kampanye Sosial Tentang Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Pada Media Sosial. BARIK, 2(2), 258-270.

Paramasari, S. N., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun Partisipasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 123-132.

Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Consequences of the Route to Persuasion. In Communication and Persuasion (pp. 173-195). Springer, New York, NY.

Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Communication and persuasion: Central and peripheral routes

to attitude change. In Communication and Persuasion. Springer-Verlag.https://doi.org/10.1007/978-1-4612-4964-1_7

Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Message elaboration versus peripheral cues. In Communication and persuasion (pp. 141-172). Springer, New York, NY.

Petty, R. E., Cacioppo, J. T., Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Consequences of the Route to Persuasion. Communication and Persuasion: Central and Peripheral Routes to Attitude Change, 173-195.

Pratiwi, S. R. (2019). Manajemen kampanye komunikasi kesehatan dalam upaya pengurangan prevalensi balita stunting. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(1), 1-19.

Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1-16.

Rahayu, I., Musthofa, S. B., & Kartini, A. (2022). Interpersonal Communication Strategy (ICS) in Overcoming Stunting: A Review. International Journal of Health, Education & Social (IJHES), 5(7), 43-54.

Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi kesehatan: sebuah tinjauan. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 88-94.

Rakhmaniar, A. (2022). Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan Covid-19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 10-30.

Ramdani, D. F., & Habibi, F. (2017, November). Penguatan Partisipasi Masyarakat Dalam Mendorong Program Smart City di Kota Bandung. In Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| SENASSET (pp. 125-129).

Ratnasari, E., Sumartias, S., & Romli, R. (2020). Penggunaan Message Appeals dalam Strategi Pesan Kampanye Anti Kekerasan Berbasis Gender Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 352-370.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

SGGI. (2021). https://cegahstunting.id/berita/mengenal-studi-status-gizi-indonesia-2021/#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20SSGI%202021%2C%20prevalensi,%2C3%25%20menjadi%2017%25.

Sulistriyani, S., & Kuntoro, K. (2021). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 83-99.

Turnip, S. (2018). Narration in Health Communication for Stunting. Journal of Health Promotion and Behavior, 3(4), 248-256.

Wibowo, A. A., Nabilla, D., Kayla, N. P. A., Zahra, B. A., Grenluisa, T., & Herbawani, C. K. (2022). Upaya Penurunan Kejadian Stunting Pada Masa Pandemi di Indonesia. Jurnal Medika Cendikia, 9(1), 1-13.

Wicaksana, R. R., & Kristiana, N. (2021). Kampanye Sosial Stop Toxic Sebagai Upaya Membangun Sikap Positif Bermain Game. Barik, 2(2), 202-214.

Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Zannah, A. N. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF BIDAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN IBU DAN KELUARGA YANG MENGALAMI KEHAMILAN RISIKO TINGGI. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(1), 101-110.