Kepuasan Media Terhadap Informasi di Program 'Bandung Menjawab' Pemerintah Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Kegiatan media relations menjadi salah satu strategi bagian humas di Pemerintah Kota Bandung. Media relations juga menjadi jembatan komunikasi antara instansi dengan masyarakat melalui media massa atau awak media. Kegiatan media relations dapat diimplementasikan melalui jumpa pers, media gathering, interview, dan lainnya. Salah satu bentuk media relations yang diinisiasi oleh Pemkot Bandung, diberi nama Program Bandung Menjawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan awak media terhadap informasi yang disampaikan melalui Program Bandung Menjawab. Kepuasan awak media terhadap infromasi diukur dari aspek akurasi, aktualitas, dan relevansi, yang semua itu akan menyimpulkan sebuah kualitas informasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknis pengumpulan data berupa penyebaran angket kepada 28 responden dari kalangan wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Balai Kota Bandung di rentang waktu Desember 2023 - Maret 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan awak media terhadap informasi dari aspek akurasi, aktualitas, relevansi, hingga kualitas informasi sangat tinggi. Harapan itu terjawab dengan angka kepuasan pada ketiga aspek yang cukup baik. Dari Skala Likert yang didapat melalui angket, disimpulkan bahwa awak media sangat puas terhadap informasi di Program Bandung Menjawab yang diselenggarakan Humas Pemkot Bandung. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan mengukur kepuasan awak media terhadap informasi yang diperoleh dari kegiatan di Program Bandung Menjawab. Hingga kini, belum ada penelitian yang secara khusus mengevaluasi kepuasan awak media terhadap program media relations Pemkot Bandung, khususnya Program Bandung Menjawab.
Article Details
References
Rosady Ruslan, Dozier & Broom. (2016). Manajemen Public Relations & media komunikasi: Konsepsi & Aplikasi.
Achyar, Adrian, Brilliant, Mochammad (2013). The Impact of Satisfaction and Trust on Loyalty of E-commerce Customers, ASEAN Marketing Journal. Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia.
Aimsyah, Z. (2013). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi, Yogyakarta: CV.Andi Offset
Delone, W. & McLean, E. (2003) Model Of Information Systems Success: A TenYear Update. Journal Of Management Information Systems, 19
Effendy, Onong Uchjana. (2009). Human Relations & Public Relations. Bandung: MandarMaju
Gelinas, Ulrich & Dull, B. Richard, (2012). Accounting Informations System, 9th ed. South Western Cengage Learning 5191 Natorp Boulevard Mason, USA.
Gozali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Heryanto, Gun Gun., dan Zarkasy, Irwa. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia,.
Hidayat, Dasrun, (2014). Media Public Relations, Pendekatan Kasus Cyber Public. Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hoffman, K. Douglas & John E.G. Bateson. (2006). Services Marketing: Concepts, Strategies, & Cases, Third Edition. Penerbit: Thomson South Western, USA.
Iriantara, Yosal. (2005). Media Relations: Konsep, Pendekatan, Dan. Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jefkins, Frank ; Daniel Yadin. (2014). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Kroenke, D., & Boyle, R. J. (2017). Using MIS (10th ed.). Boston: Pearson
Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah Dan Populer. Jakarta: PT. Rajagrafindi Persada.
Romney, S. & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Umar. (2005). Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wardhani. (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yulianita N. (2000). Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: PT. Alqo Print Jatinangor.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.