Implementasi Media Sosial dalam Meningkatkan Layanan Kemahasiswaan dan Alumni pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta, Salatiga, Ponorogo, dan Kudus

Main Article Content

Mahyudin Mahyudin
Rama Kertamukti
Auliya Ihza Husnudldlon

Abstract

Perguruan tinggi semakin mengintegrasikan media sosial sebagai alat strategis untuk meningkatkan layanan kemahasiswaan dan interaksi dengan alumni. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai implementasi media sosial di Perguruan Tinggi Islam seperti: UIN Sunan Kalijaga, UIN Salatiga, IAIN Ponorogo, dan IAIN Kudus. Media sosial menjadi alat penting dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa dan menjaga hubungan erat dengan alumni. Media sosial berfungsi sebagai alat publikasi yang efisien dalam membantu peningkatan visibilitas dan citra positif perguruan tinggi. Mengingat begitu pentingnya peran media sosial bagi Perguruan Tinggi, maka diperlukan analisa pengelolaan media sosial yang efektif mulai dari perencanaan yang cermat, pelaksanaan yang konsisten, evaluasi yang terus-menerus, dan tindakan korektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten media sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keempat perguruan tinggi tersebut secara aktif menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, sebagai saluran komunikasi utama. Implementasi media sosial terbukti berkontribusi pada peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kampus dan fasilitasi interaksi antara mahasiswa dan alumni. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti manajemen reputasi, masalah privasi, dan keamanan informasi yang perlu diatasi sebagai bagian efektif menggunakan media sosial untuk memperkuat layanan kemahasiswaan dan menjaga keterlibatan alumni di perguruan tinggi. Implikasi temuan dapat menjadi perspektif dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk memanfaatkan potensi media sosial dalam meningkatkan kualitas layanan dan hubungan dengan stakeholder. Humas universitas berperan vital dalam menangani manajemen media sosial, tidak hanya sebagai penyedia informasi tetapi juga sebagai kunci dalam membangun visibilitas, meningkatkan layanan mahasiswa dan alumni, serta mendukung visi dan misi perguruan tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, U. (2015). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pengertianpakar.Com.

Au, A., & Chew, M. (2018). How Do You Feel ? Managing Emotional Reaction, Conveyance, and Detachment on Facebook and Instagram. Bulletin of Science, Technology & Society 1, 1–11. https://doi.org/10.1177/0270467618794375

Bowo, A. N. A., Paryanto, P., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 21–32. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2249

Browne, L., & Foss, L. (2022). How does the discourse of published research record the experience of Generation Z as students in the Higher Education sector? Journal of Further and Higher Education. https://doi.org/10.1080/0309877X.2022.2143257

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, Scott M., Center, Allen H., & Broom, Glen M. (2006). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Diktis Kemenag. (2023), "58 PTKIN Sepakat Bersinergi Perkuat Wacana Moderasi Beragama di Media Digitalâ€, https://diktis.kemenag.go.id/v1/berita/58-ptkin-sepakat-bersinergi-perkuat-wacana-moderasi-beragama-di-media-digital.

Effendy, Onong Uchjana. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fuadi, D. (2016). Internasionalisasi Perguruan Tinggi: Studi Multisitus Pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta. The Progressive and Fun Education Seminar, 1, 594–607. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/1161

Hafidhah, Hafidhah, Herli, Mohammad, & Arifin, Miftahol. (2020). Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Perguruan Tinggi. Jurnal Serambi Ilmu, 21, 1-17. DOI: 10.32672/si.v21i1.1786.

Hasjmy, A. (1979). Mengapa Umat Islam Mempertahankan Pendidikan Agama Islam?. Jakarta: Bulan Bintang.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hootsuite. (2024, January 12). Social Media Trends 2024. Https://Www.Hootsuite.Com/Research/Social-Trends. https://www.hootsuite.com/research/social-trends 7/7870

Jain, P. (2014), "Application of sosial media in marketing library & information services: A global perspective", International Journal of Academic Research and Reflection, Vol. 2 No. 2, pp. 62–75.

Kemenag.go.id. (2021). UIN Sunan Kalijaga, PTKI Pertama Terakreditasi Unggul BAN-PT. https://kemenag.go.id/nasional/uin-sunan-kalijaga-ptki-pertama-terakreditasi-unggul-ban-pt-e4tia3

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana

Mardhiyyah, R. (2017). Penggunaan Media Sosial oleh Perguruan Tinggi di Indonesia dan Dampaknya. 63. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/4761/Tesis Rodhiyah Mardhiyyah %2813917128%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Miles, J. G. (2014). Instagram Power. Mc Graw Hill.

Muhammad Rustam. (2017). NETWORK SOCIETY, INTERNET, DAN AKTIVITAS KOMUNIKASI MASYARAKAT (Survai Aktivitas Komunikasi Masyarakat melalui social Network websites di Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). 21(2), 165–180. https://doi.org/10.1016/0960-1481(92)90097-M

Lashwaty, N. D., Widiati, I. S., & Turmudi, H. (2020). Peran Penggunaan Media Online dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Stie Semarang, 12(3), 72–82.

Ohara, Muammar Revnu. (2023). The Role of Sosial Media in Educational Communication Management. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), Vol 1, Issue 2, August 2023, Page 70-76. DOI: https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.25.

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis.

Purmiasa, S. E., Yoanita, D., & Budiana, D. (2020). Factors of Public Self-Disclosure Via Instagram Stories. Proceedings of the 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.031

Putra Widhanarto, G., Widyastuti, A., & Arum Maghfiroh, T. (2023). Konten Video Media Sosial Sebagai Strategi Marketing Pascasarjana UNNES. Journal of Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce

Rahardja, U., Dewi, E. N., & Lutfiani, N. (2017). Peningkatan Rank Webometrics Menggunakan Metode Inbound Dan Outbound Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.30700/jst.v7i1.129

Rustandi, D., & Gustini, L. K. (2021). Komunikasi Kehumasan Perguruan Tinggi Melalui Media Sosial. KOMVERSAL : JURNAL KOMUNIKASI UNIVERSAL, 3, 72–89.

Rylander, A., Jacobsen, K., & Roos, G. (2000). Towards improved information disclosure on intellectual capital. International Journal of Technology Management, 20(5/6/7/8), 715.

Sajid Marickar & Dr. D Rajasekhar. (2020). An Analysis of Growth and Usage Patterns of Instagram Users for Effective Brand Engagement in the Middle East. Journal of Critical Reviews, 7, 265–267. http://dx.doi.org/10.31838/jcr.07.02.49

Setiady, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi. Universitas Kebangsaan.

Simply Measured. (2014). Instagram Study. In Simply Measured. http://get.simplymeasured.com/rs/simplymeasured2/images/InstagramStudy2014Q3.pdf?mkt_tok=3RkMMJWWfF9wsRolua%252FAZKXonjHpfsX57%252BwtX6a2lMI%252F0ER3fOvrPUfGjI4CTsViI%252BSLDwEYGJlv6SgFQrDEMal41bgNWRM%253D

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (p. 329).