Analisis Semiotika Brand Kusuma Beauty Clinic

Main Article Content

Bonita Widi Destyani

Abstract

Identitas perusahaan merupakan cerminan dari visi dan misi suatu perusahaan yang divisualisasikan dalam logo perusahaan. Dengan logo yang tepat, maka pesan mengenai identitas yang diinginkan perusahaan dapat terwakilkan dengan efektif. Salah satunya adalah klinik kecantikan Kusuma yang lebih dikenal dengan Kusuma Beauty Clinic yang menggunakan logo unik untuk mencerminkan visi misi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika dari Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pemaknaan konotasi berbagai elemen pada logo Kusuma Beauty Clinic yang digambarkan sebagai tampak samping kupu-kupu yang membentuk siluet seorang wanita, yaitu sebuah proses metamorfosa menuju sesuatu yang indah, yang diartikan sebagai perubahan mencapai kesempurnaan. Logo dan font yang berwarna merah serta menunjukkan kesan dewasa dan berani. Keseluruhan elemen tersebut merujuk kepada nilai prestis pada logo Kusuma Beauty Clinic. Pemaknaan mitos pada logo Kusuma Beauty Clinic adalah mitos perbedaan dalam nilai prestis. Prestis menunjukkan diferensiasi dan strattifikasi di dalam tatanan masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Anggoro, M.L. (2000). Teori & Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Akarapi. Fungsi Corporate Identity Penting bagi Perusahaan. Diakses http://desainlogodesign.com/paket-design-corporate-identity/fungsi-pentingnya- corporate-identity-bagi-perusahaan

Asrofah. 2014. Semiotik Mitos Roland Barthes dalam Analisis Iklan di Media Massa. Diakses dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/download/916/835.

Barthes, R. (2010). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Caniago, F. (2012). Cara Mutakhir Jago Desain Logo. Jakarta: Niaga Swadaya.

Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow. English: Pearson Education Inc.

Kills, J.A., Blaine. G.R. (2008). Encyclopedia of Social Problems (Vol.2). CA: SAGE Publications.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, T.A., Andrews, Craig. (2013). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communication. Ninth edition. USA: Cengage Learning.

Stokes, J. (2006). How to Media and Cultural Studies: Panduan Untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: Bentang.

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.