Manajemen Komunikasi Krisis Universitas XXY Menghadapi Pandemi COVID-19

Main Article Content

Aris Sumartono
Umaimah Wahid

Abstract

Pademi COVID-19 di lingkungan Universitas XXY membuat warga sivitas akademika tidak nyaman. Ketidakjelasan informasi terkait korban terinfeksi COVID-19 menimbulkan perasaan cemas dan mengarah ke negative thinking. Kondisi itu menimbulkan pertanyaan, bagaimana proses manajemen krisis Universitas XXY dalam menangani cluster penyebaran virus COVID-19 di kampus. Teori yang digunakan adalah Situational Crisis Communication Theory. Penelitiannya memakai pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan mengumpulkan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, manajemen krisis Universitas XXY pada tahap pre-krisis adalah memonitor pemberitaan media. Saat krisis terjadi, dipakai strategi diminish guna mengurangi dampak negatif krisis. Caranya, menjalin kerja sama dengan pengurus RW, RT kampus, media massa, publikasi siaran pers melalui website, berkomunikasi dengan Pemerintahan daerah, Kepolisian, Dinas Perhubungan, serta memanfaatkan media tradisional dan digital. Pada tahap post-krisis, tindakan komunikasi   Universitas XXY adalah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk pencegahan COVID-19. Kesimpulan penelitian ini adalah, kebijakan Universitas XXY berupa penyampaian informasi melalui surat edaran dan memo internal, berhasil menurunkan sentimen negatif warga kampus, dan mengurangi rasa cemas mereka dalam bekerja.  

Article Details

Section
Articles

References

Buana, R. D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Sosial Dan Budaya, Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

C. Sohrabi, et all. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery. google scholar

Kemkes. (2020). Novel Corona Virus. https://kemkes.go.id

Kompas.com. (2020a). Perjalanan Kasus Virus Corona di Indonesia. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/02/073000465/perjalanan-kasus-virus-corona-di-indonesia-?page=all#:~:text=2 Maret 2020%2C Presiden Joko,COVID-19 menjadi 34 orang.

Kompas.com. (2020b). Perkembangan Virus Corona. https://www.detik.com

Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Kencana.

Turner, Lynn H and West, R. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application (4th ed.). McGraw-Hill.

W.T. Coombs &, & Holladay, S. J. (2010). Parameters for Crisis Communication. In The Handbook of Crisis Communication. West Sussex: Wiley-Blackwell.

Yulianti, W., & Boer, R. F. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi measles rubella. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 290. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23700