Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan
Main Article Content
Abstract
Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model komunikasi korporat dalam membangun citra perusahaan. Konsep yang digunakan adalah model manajemen reputasi dari Grahame R. Dowling. Paradigma penelitian ini adalah fenomenologis yaitu paradigma yang fokusnya lebih kepada pengertian dan memahami gejala yang ada. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitin ini dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui model komunikasi korporat dalam membangun citra perusahaan. Subjek yang menjadi key informan dalam penelitian ini yaitu PR manager salah satu perusahaan. Sementara itu informan berjumlah lima orang yang terdiri dari individu dengan profesi sebagai public relations atau pekerja yang berada dalam divisi PR suatu perusahaan. Pengumpulan dilakukan melalui tahap observasi, studi pustaka dan penelusuran melalui internet, serta dokumentasi digunakan pada dokumen yang mempunyai keterkaitan dengan program komunikasi korporatvdalam membangun citra perusahaan. Analisis data dikaitkan dengan tabel koding dan teori model komunikasi korporat oleh Grahame R. Dowling. Model interaktif digunakan sebagai teknik analisisdata menurut Miles dan Huberman. Analisis dengan model ini melihat alur kegiatan yang terjadi pada waktu yang sama dan mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainnya, dimana meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa tahapan dalam model reputasi dari Dawling dapat membangun citra perusahaan, dalam hal ini, Tokopedia.
Article Details
References
Adriza. (2015). Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi yang Berbasis Vokasi: Dilengkapi dengan Hasil Penelitian Menggunakan SEM. Yogyakarta: Deepublish.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV. Jejak.
Argenti, Paul A. (1998). Corporate Communication. 2nd ed. Boston: McGraw-Hill.
Arkiang, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika, Jurnal Komunikasi, 3(2), 145-152.
Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(2).
Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi (Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis). Inter Komunika, Jurnal Komunikasi, 3(2), 192-206.
Bianco, A. (2000). “The Enduring Corporationâ€, dalam edisi khusus “The 21st Century Corporationâ€. Business Week (Agustus, 21-28): 114-117.
Cornelissen, J. (2017). Corporate Communication: A Guide to Theory & Practice. London: SAGE Publications.
Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations PT. Telkomsel Branch Manado dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Journal Acta Diurna, 2(1), 1-15.
Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47-56.
Febriyanti, D. C. (2013). peran corporate comunication PT Krakatau Steel (Persero), Tbk. dalam upaya mempertahankan citra positif perusahaan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).
Fiansyah, R. (2020). 10 E-Commerce Terpopuler di Indonesia: TokopediaTerdepan, Shopee Geser Bukalapak.Diakses melalui www.inews.id tanggal 23 Agustus 2020.
Hardjana, A. A. (2008). Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Hardjana, A. A. (2012). Integrated Communication: Marketing Communication In The Interactive Age. Jurnal InterAct, 1(1).
Hastowo, C. (2020). Strategi Manajemen Reputasi PT. Ajinomoto Indonesia Terhadap Isu Bahaya Konsumsi MSG. Universitas Airlangga.
Herdioko, J., & Widya, P.R. (2019). Analisis Pengaruh Sikap, Desain Tampilan, dan Citra Situs terhadap Minat Belanja pada Situs Belanja Daring Tokopedia di Daerha Istimewa Yogyakarta. Modus, 31(1), 48-60.
Herwin, H., & Abadi, F. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Reputasi Vendor terhadap Keputusan Pembelian Secara Online dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(3), 353-364.
Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian pada Kualitas Layanan SIM Corner di Indonesia. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Khadijah, S. (2012). Strategi publik relations dalam membangun citra perusahaan (studi deskriptif membangun hubungan baik dengan media dalam upaya meningkatkan citra perusahaan). Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya, 2(2), 29-40
Komalasari, T.D. (2020). Belanja Online Meningkat 400 Persen, BPKN: Masih Banyak Dikeluhkan Konsumen. Diakses Melalui www.pikiran-rakyat.com tanggal 23 Agustus 2020.
Lourensia, F., & Setyanto, Y. (2019). Peran Public Relations dalam Memulihkan Reputasi (Studi Kasus Manajemen Krisis PT Kereta Commuter Indonesia Pasca Perubahan Sistem E- Ticketing). Prologia, 2(2), 327-333.
Pratomo, Y. (2018). Tokopedia Dikabarkan Pecat Puluhan Karyawan Terkait Kecurangan Flash Sale. Diakses melalui www.tekno.kompas.com tanggal 23 Agustus 2020.
Oktaviani, F., Rizkina, R., & Septiani, S.D.D. (2020). Aktivitas Komunikasi Public Relations dalam Menjaga Reputasi Perusahaan. Jurnal Signal, 8(1), 15-29.
Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikamah, 14(1), 62-70.
Rizbi, D. (2019). Pengaruh Iklan Online dan Kualitas Layanan Tokopedia.com terhadap Citra Merek pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(1), 39-43.
Ruliana, P., Lestari, P., & Andrini, S. (2019). Model Komunikasi Korporat Sari Ater Hotel & Resort Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 60-82.
Seniwati, S., Harmin, S., & Amin, H. (2016). Peran Public Relation dan Media Relation dalam Membangun Citra Positif Hotel Grand Clarion Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 1(2), 1-14.
Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish.
Wicaksono, B.D. (2019). Flash Sale: Permainan Psikologis yang Mampu Membuatmu Jadi Konsumtif. Diakses melalui www.idntimes.com tanggal 23 Agustus 2020.
Wijaya, S., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Belanja Daring terhadap Corporate Image (Studi Pada Pelanggan Perusahaan JD. id). Prologia, 2(2), 503-509.