Gaya Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Alifia Nurul Fadhilah
Fajar Iqbal

Abstract

Penelitian ini mengkaji besaran pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 berdampak pada Pendidikan di Indonesia khususnya dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online. Di masa pandemi COVID-19 merupakan sebuah tantangan bagi para guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang rendah pada pembelajaran daring. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar menjadi seseorang yang memegang peranan penting dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi. Gaya komunikasi guru diduga kuat sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini motivasi belajar siswa diukur menggunakan referensi teori kemungkinan elaborasi yang dikembangkan Richard Petty dan John Cacioppo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa, menggunakan IBM Statictic versi 25. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa kelas delapan di MTs Negeri 4 Bantul yang dilakukan secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Pertambahan motivasi belajar siswa sangat ditentukan oleh gaya komunikasi guru saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring pada masa pandemi COVID-19.

Article Details

Section
Articles

References

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Arissandi, D., Setiawan, christina T., & Wiludjeng, R. (2019). 2 3 123. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Bantul, Mt. N. 4. (n.d.). Profil MTs N 4 Bantul. Retrieved 31 January 2021, from http://mtsn4bantul.sch.id/

Ciputra. (2016). Elaborasi dalam Berbagai Bidang. Retrieved from http://ciputrauceo.net/blog/2016/3/1/elaborasi-dalam-berbagai-bidang

DPH. (2019). Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Retrieved 4 November 2020, from https://www.unida.ac.id/pembelajaran/artikel/sistem-pembelajaran-daring-spada.html

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Grub CV Budi Utama.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik COVID-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. doi:10.23917/ppd.v7i1.10973

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Griffin, E. (2012). A First Look At Coomunication Theory Eighth Edition.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. BDK Jakarta Kemenag RI. Retrieved from https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-COVID-19

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. doi:10.32534/jike.v3i2.1017

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. (Satucahayapro, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenana Media Group.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Theories Of Human Tenth Edition.

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.6

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. doi:10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nasution, N. H. (2020). Pentingnya Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19. Retrieved 3 November 2020, from https://www.kompasiana.com/nurhabibahnasution/5f45ebda78b6da4580042452/pentingnya-motivasi-belajar-siswa-selama-pandemi-COVID-19?page=all

Pertiwi, S. E. (2011). Gaya Komunikasi Pustakawan Terhadap Pengguna Jasa Layanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 18(3), 50–55.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi (8th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwa Atmaja Prawira. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. (Aziz Safa, Ed.) (II). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.

Rohmah, N. (2015). Psikologi Pendidikan. (Sutomo, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Kalimedia.

Santosa, P. B., & Hamdani, M. (2007). Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112. doi:10.23917/komuniti.v8i5.2942

Suciati, P., Maulidiyanti, M., Triawinata, F. M., Rizkiyanti, N., Komunikasi, P., Vokasi, P. P., & Indonesia, U. (2018). Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), 15–20.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarbiyatuna, J. (2019). Gaya Komunikasi Pendidik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTs Mamba ’ ul Hisan Kabupaten Magelang, 10(1), 68–80.

Tim Detikcom. (2020). Respons COVID-19, Jokowi: Pelajar dan Mahasiswa Belajar dari Rumah. New.Detik.Com. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4939888/respons-COVID-19-jokowi-pelajar-dan-mahasiswa-belajar-dari-rumah.

Yuliana, D., & Putri, O. A. W. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Storytelling Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.7