Aktivitas Digital PT. Terminal Petikemas Surabaya dalam Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Interaksi dan Komunikasi Publikasi
Main Article Content
Abstract
Aktivitas media sosial digital mengacu pada segala bentuk interaksi dan tindakan yang diperbuat oleh individu maupun kelompok melalui platform media sosial di dunia maya. Jenis aktivitas ini meliputi berbagai aspek, mulai dari berbagi materi, berinteraksi dengan pengguna lain, membangun relasi jaringan, dan banyak hal lainnya. Adapun tujuan penelitian ini berfokus pada aktivitas digital PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dalam penggunaan media sosial instagram sebagai media interaksi dan komunikasi publikasi. Dengan penelitian ini diharapkan membantu memahami dalam melakukan publikasi informasi terkait perusahaan, dimana target audience Terminal Petikemas Surabaya (TPS) selain perusahaan terbuka (PT), juga perorangan atau masyarakat. Sebagai bentuk output aktivitas digital PT. Terminal Petikemas Surabaya khususnya pada media sosial instagram @pttps_offical dijadikan sebagai media interaksi dan komunikasi publikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling.
Article Details
References
Kristiyono, J. (2019). Digital Activism: Counter Hegemony dalam Karya Seni Digital Biennale Jawa Timur.
Luttrell, R. (2016). Social Media: How to Engage, Share, and Connect. Rowman & Littlefield Publishers. https://books.google.co.id/books?id=Z3IpDQAAQBAJ
Munandar, H., & Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Prosiding Hubungan Masyarakat, 0(0), 423–430. https://doi.org/10.29313/.V0I0.3270
Nabila, D., Elvaretta, O., Zahira, G., Syarief, M. A. D. Y., Ryvo, A., Julianto, A. N., Abdurrachim, A., Amien, A. A., Prakoso, D. S., & others. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). https://books.google.co.id/books?id=ouPsDwAAQBAJ
Nugroho, A. S. (2020). Digital Marketing : Teori dan Implementasi (Tinjauan Praktisi Digital Marketing). GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=yNNWEAAAQBAJ
Rahmawan, D., Narotama Mahameruaji, J., & Janitra, P. A. (2020). Strategi aktivisme digital di Indonesia: aksesibilitas, visibilitas, popularitas dan ekosistem aktivisme. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 123–144.
Salomon, D. (2013). Moving on from Facebook: Using Instagram to connect with undergraduates and engage in teaching and learning. College & Research Libraries News, 74(8), 408–412. https://doi.org/10.5860/crln.74.8.8991
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=aFHZzwEACAAJ
Tania, A. S. R., Fitria, A., Damayanti, L., Fajarudin, M. N., Damayanti, A., Mahadib, A. F., Arlianti, D. N., Rizki, E., Hidayat, F., & others. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). https://books.google.co.id/books?id=q4HsDwAAQBAJ