PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP CITRA MSGLOWBEAUTY DI TIKTOK SHOP
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini Mengkaji pengaruh brand ambassador terhadap citra MS Glow Beauty. produk kecantikan saat ini diminati oleh khalayak secara online. salah satu cara yang digunakan MS Glow Beauty adalah menggunakan aplikasi TikTok Shop. aplikasi TikTok Shop telah menjadi platform populer untuk berbisnis. penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh brand ambassador memiliki dampak positif terhadap citra di TikTok Shop. Metode penelitian menggunakan pendekatan positivistik dengan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pengikut akun TikTok @msglowbeauty. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan validitas instrumen. Uji regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra MS Glow Beauty di TikTok Shop, dengan koefisien determinasi sebesar 87,3%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa brand ambassador memiliki dampak positif dan signifikan terhadap citra MS Glow Beauty di TikTok Shop. Implikasi praktisnya adalah pentingnya peran brand ambassador dalam membentuk citra merek di era media sosial. Merek dapat memanfaatkan brand ambassador dengan tepat untuk meningkatkan citra dan efektivitas strategi pemasaran mereka di platform seperti TikTok. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi pemasaran yang lebih efektif dalam industri kecantikan yang semakin digital dan berkembang.
Â
Kata kunci: Duta Merek, Citra Perusahaan, Perdagangan Elektronik, Aplikasi TikTok
Â
ABSTRACT
This research examines the influence of brand ambassadors on the image of MSGLOW Beauty. Beauty products are currently in demand by online audiences. One of the methods used by MSGLOW Beauty is to use the Tiktok Shop application. The Tiktok Shop application has become a popular platform for doing business. This research aims to identify the influence of brand ambassadors on having a positive impact on the image of the Tiktok Shop. The research method uses a positivistic approach with descriptive quantitative methods. Data was collected from 100 respondents who were followers of the TikTok account @msglowbeauty. Validity and reliability tests were carried out to ensure the validity of the instrument. A simple linear regression test revealed that brand ambassadors have a significant influence on the image of MS Glow Beauty on the TikTok Shop, with a coefficient of determination of 87.3%. The research results concluded that brand ambassadors have a positive and significant impact on the image of MSGlowbeauty on the TikTok Shop. The practical implication is the important role of brand ambassadors in shaping brand image in the social media era. Brands can make proper use of brand ambassadors to enhance the image and effectiveness of their marketing strategies on platforms like TikTok. This research provides insight into more effective marketing strategies in an increasingly digital and evolving beauty industry
Â
Keywords: Brand Ambassador, Company Image, Electronic Commerce, TikTok Application
Article Details
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Amalia Probosini, D., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Andata, C. P., Iflah, I., Kurnia, K., & Putri, A. S. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness “Somethinc†Pada Pengguna Instagram. Jurnal Komunikasi, 13(2), 84–92. https://doi.org/10.31294/jkom.v13i2.13261
Ardista, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor. Parameter, 6(1), 38–49. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.160
Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez ) Effectiveness the Use of TikTok Social Media as Digital Marketing Platform on Processed Fruit Product Frutivez (@ hellofrutivez ). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 222–229. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284
Compas.co.id. (2023). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di E-Commerce - Compas. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Hera, H., & Fourqoniah, F. (2023). Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Purchase Decision melalui Brand Trust sebagai Intervening. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(3), 877–884. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2810
Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1), 21–38.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Kumparan.com. (2022). 5 Tips Membangun Bisnis Skincare untuk Pemula | kumparan.com. Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-bisnis/5-tips-membangun-bisnis-skincare-untuk-pemula-1zDJvTABHuH/1
Luthfia, R. R., & Purworini, D. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Social Media Marketing Instagram @npureofficial terhadap Keputusan Pembelian Produk Npure. Communications, 5(1), 372–397.
Natalia, L., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 47. https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.980
Paramitha, M. P., Ekonomi, F., & Brawijaya, U. (2022). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image , dan Brand Awareness Terhadap Purchase Decision MS Glow di Indonesia atau Rencana Induk Pembangunan. Jurnal Iilmiah Mahasiswa FEB, 1–18.
Raswen, R. N. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Citra Perusahaan Shopee Pada Mahasiswi Di UIN Suska Riau. Jom Fisip, 6(2), 1–13.
Remares Rizqia Luthfia, & Luthfia, R. R. (2023a). Pengaruh Brand Ambassador dan Sosial Media Instagram @NPUREOFFICIAL terhadap Keputusan Pembelian Produk Npure. Communication, 5(1), 372–397. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/32022
Remares Rizqia Luthfia, & Luthfia, R. R. (2023b). Pengaruh Brand Ambassador dan Sosial Media Instagram @NPUREOFFICIAL terhadap Keputusan Pembelian Produk Npure. Communication, 5(1), 372–397.
Suara.com. (2022). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. Suara.Com, 1–1. https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm
Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis, 1(2), 827–837.
Yosephine Clarisa Tasya Kusuma Putri, & Rah Utami Nugrahani. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Respon Khalayak Pada Brand MS Glow For Men. Medium, 10(2), 378–392. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(2).10162
Yuniarti, R., & Josephine, T. A. (2022). Pengaruh e-WoM Melalui TikTok terhadap Citra Perusahaan e-Commerce Sociolla. Prosiding Jurnalistik, 1–7.